10 Adab Membaca Al Quran Dalam Islam Sesuai Sunnah

Posted on

10 Adab Membaca Al Quran Dalam Islam Sesuai Sunnah – Al-Quran merupakan wahyu berupa kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallahu alaihi wassalam melalui malaikat Jibril.

Karena Al Quran bukanlah benda biasa, bukan novel, maupun buku pelajaran, melainkan kalam Allah yang sangat suci dan mulia, sudah sepantasnya jika umat muslim menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup dengan cara membaca dan memahami maknanya, kemudian menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

adab membaca alquran

Sebelum membaca, hendaknya Anda sebagai muslim/muslimah mengetahui adab atau akhlak membaca Al Quran. Berikut akan dijelaskan beberapa kesantunan membaca Al Quran yang telah dikutip dari kitab Muntaqa al-adab asy syar’iyyah.

10 Adab Membaca Al Quran

ada membaca alquran

  • Ikhlas dan Menjadi Orang yang Bertaqwa

Adab membaca Al Quran yang pertama adalah ikhlas tanpa keterpaksaan saat membaca Al Quran, kemudian meluruskan niat awal untuk menjadi orang yang bertaqwa.

  • Memilih Tempat yang Tenang Saat Baca Quran

Tempat yang tenang tanpa banyak suara bisa mengundang kekhusyukan saat melantunkan ayat-ayat suci Al Quran.

  • Membaca dalam Keadaan Suci

Sebaiknya seorang muslim sedang dalam keadaan suci (memiliki wudhu) ketika akan membaca Al Quran. Kemudian dalam Adab membaca Al Quran juga dianjurkan untuk menggunakan pakian bersih, badan bersih, dan tempatnya pun bersih.

  • Membaca Ta’awudz Sebelum Membaca Kita Suci Al Quran

Surat apapun yang akan Anda baca, jangan lupa untuk selalu membaca taawudz dan basmallah, kecuali untuk 1 surat, yakni At Taubah yang cukup beristi’adzah saja. Inilah yang membedakan kita suci Al Quran dengan kitab dari agama lain. Jadi, jangan melupakan Etika membaca Al Quran yang nomor 5 ini.

  • Etika Ketika Berhenti Membaca Al Quran

Sebaiknya Anda berhenti membaca Al Quran ketika sudah merasa mengantuk berat. Pada jaman Rasulullah dulu, para sahabat sangat rajin untuk membaca Al Quran di tengah malam dan rajin pula menghafal serta mujaroah. Jika Anda demikian pula, maka akhiri saja dan dilanjutkan keesokan harinya.

  • Mengeraskan Suara Bacaan Al Quran

Kehalusan membaca Al Quran yang berikutnya adalah mengeraskan bacaan. Namun jika membaca di sebelah orang sholat hal tersebut tak dianjurkan karena dapat mengganggu konsentrasi orang yang sholat terrsebut.

  • Tidak Memotong Bacaan

Dianjurkan untuk tidak memotong bacaan Al Quran dengan sesuka hati. Jadi, jika membaca Al Quran, jangan dibarengi dengan ngobrol bersama teman, agar tak banyak memotong bacaan Al Quran di tengah ayat, fokuslah ketika membaca.

  • Bersujud Ketika Membaca Ayat Sajadah

Bersujud ketika membaca ayat sajadah tak hanya disebut sebagai adat membaca Al Quran, tetapi juga termasuk sunnah. Bacaan sajadah biasanya sudah diberikan tanda sendiri di setiap Al Quran dengan tanda bentuk masjid atau bisa tanda lainnya.

  • Tartil Saat Tilawah Al Quran

Panduan membaca Al Quran yang selanjutnya adalah membaca Al Quran dengan cara Tartil atau perlahan-lahan dengan dipahami maknanya. Karena sunnah membaca Al Quran adalah pelan-pelan, jadi akan makruh hukumnya ketika Anda membaca dengan cepat.

  • Mengamalkan Al Quran Setelah Membacanya

Adab membaca Al Quran yang terakhir adalah mengamalkan Al Quran setelah membacanya. Adab yang terakhir ini tak hanya sekedar adab, namun juga sudah menjadi kewajiban seorang muslim.

panduan membaca alquran
Al Quran Rainbow Fasya

Semua tata cara membaca Al Quran yang telah dijelaskan tersebut berlaku untuk semua gender, laki-laki maupun perempuan dan berlaku untuk semua umur mulai anak-anak hingga dewasa. Silahkan untuk dipelajari dan di praktekan setiap hari untuk panduan tata cara atau adab dalam belajar membaca alquran.

Postingan lainnya Daftar Al Quran Kecil Cantik