Belajar Membaca Al Quran Bagi Pemula Dengan 7 Cara Sederhana

Posted on

Belajar Membaca Al Quran Bagi Pemula – Bagi seseorang yang tak baru pertama kali melihat Al Quran pasti sudah menyimpulkan bahwa belajar membaca Al Quran itu tidak mudah.

belajar membaca alquran

Terlebih hanya tulisan arab tanpa ada huruf Indonesia-nya. Padahal jika memang niat dari hati untuk belajar, semua menjadi mudah dan lancar. Ditambah dengan 7 cara sederhana untuk belajar membaca Al Quran berikut pasti proses belajar Anda menjadi lebih cepat.

1. Luangkan Waktu Khusus

Jika Anda sudah niat ingin belajar baca Al Quran, maka luangkan lah waktu khusus untuk belajar. Jangan menunggu ketika libur kantor atau ketika tidak lelah saja, karena jika ditunda-tunda proses belajarnya akan semakin lama.

Sebaiknya mulai sekarang perbaiki niat belajarnya, bersungguh-sungguh lah untuk meluangkan waktu khusus untuk mempelajari Al Quran.

2. Cari Guru yang Berkompeten untuk Membimbing

Adanya guru yang bisa membimbing Anda, bisa membuat proses belajar membaca alquran semakin cepat dan mudah. Sebaiknya menghindari belajar secara otodidak jika Anda seorang pemula.

Karena dikhawatirkan ada hukum baca tertentu yang salah, sehingga bisa mengubah arti dan makna ayat yang sudah Anda baca. Maka dari itu, ada tidaknya guru dalam hal ini menjadi sangat penting.

3. Mampu Membaca Huruf Hijaiyah

Cara berikutnya untuk belajar membaca Al Quran adalah dengan mempelajari dan menghafalkan huruf hijaiyah yang berjumlah 28 huruf. Huruf tersebut merupakan modal utama Anda untuk maju ke depan dalam belajar Quran.

4. Memahami Tanda Baca

Setelah Anda sudah tahu dan hafal mengenai huruf hijaiyyah, langkah berikutnya untuk membaca Al Quran adalah mengetahui tanda baca seperti fathah, sukun, kasrah, dan dhommah. Sama halnya saat belajar bahasa Indonesia, tanda baca ini ibaratnya huruf vokal, yakni a, i, u, e, dan o.

5. Mengerti Akan Tajwid

Selanjutnya Anda harus mengerti akan tajwid, yakni semacam isyarat tanda baca yang ada di dalam Al Quran. Di dalam tata cara belajar membaca Al Quran banyak sekali isyarat tanda baca yang harus Anda ketahui, misalnya saja mad wajib muttasil dan lain sebagainya.

6. Memahami Teknik Membaca Al Quran

Ketika membaca Al Quran yang selanjutnya harus dipelajari adalah teknik membaca Al Quran, seperti qalqalah, idgham, idzhar, dll. Ketika ada idqham, maka harus mendengung, misalnya saja ketika ada “nun mati” bertemu dengan “mim”.

Masih banyak tanda baca atau jadwid yang mana harus Anda pelajari bagaimana tekniknya dalam membaca alquran.

7. Ayo, Mulai Pratekkan Setiap Hari!

Cara terakhir untuk belajar membaca Al Quran adalah praktekkanlah setiap hari agar selalu lancar dan terbiasa. Semua butuh latihan, belajar apapun butuh latihan agar lancar, begitu pula saat membaca Al Quran.

Seseorang tak akan bisa fasih jika hanya belajar teori cara membaca tanpa langsung mempraktekkannya.

cara belajar membaca alquran bagi pemula

Bangunlah niat untuk rutin dalam membaca Al Quran. Buat jadwal sesuai dengan kegiatan Anda. Yang baik baik adalah di waktu subuh dan setelah shalat maghrib.

Ketika sebelum dan sesudah shalat subuh, pasti masih belum sibuk dengan pekerjaan di dunia, ditambah lagi dengan suasana yang tenang karena belum banyak orang yang beraktivitas.

Sedangkan saat setelah salat maghrib, Anda bisa belajar membaca Al Quran sekalian menunggu kumandang adzan isya.

Itulah 7 cara sederhana yang bisa membantu Anda untuk membaca Al Quran dengan benar. Jangan pernah menyerah untuk belajar membaca Al Quran, karena di dalamnya terdapat petunjuk menuju jalan kebaikan Allah serta segala macam petunjuk hidup dan obat yang telah Allah berikan untuk umatnya. Demikian 7 cara belajar membaca alquran bagi pemula.