Tips Belajar Mengaji Anak Sesuai Dengan Usia

Posted on

Tips Belajar Mengaji Anak Sesuai Dengan Usia – Pendidikan agama merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Hal ini dikarenakan semakin majunya zaman sehingga memerlukan filter yang sangat kuat.

Salah satunya adalah membekali anak dengan kemampuan dalam mengaji. Sebagai umat Islam, mengaji adalah hal mutlak yang sudah semestinya dipelajari sejak dini.

belajar mengaji anak

Belajar mengaji untuk anak hendaknya dilakukan sedini mungkin karena anak-anak memiliki daya tangkap yang kuat sehingga mereka dapat mengenal dan memahami huruf hijaiyah dengan mudah.

Usia anak-anak merupakan masa tumbuh kembang yang baik dimana anak dapat menerima dan merespon segala informasi dengan cepat, termasuk mengajari anak mengaji.

Baca Juga : Tips Jitu Hafalan Surat Pendek Al Quran Untuk Buah Hati

Selain itu mengajari anak mengaji merupakan kewajiban orang tua yang tidak hanya memberikan manfaat bagi anak-anak tersebut tetapi juga orang tua nantinya.

Jangan biarkan anak hanya pandai dengan ilmu-ilmu umum, tetapi mereka tidak tahu cara membaca Al-Quran. Berikut kami sajikan ulasan tentang tips belajar mengaji untuk anak sesuai dengan usianya.

 belajar mengaji anak anak

Tips Belajar Mengaji Anak Usia 0-2 Tahun

Pada usia ini, orang yang tepat untuk mengajari anak mengaji adalah orang tuanya karena pada masa ini ikatan emosional antara anak dan orang tua sangatlah kuat.

Sehingga anak akan lebih mudah menerima dan memahami apa yang diajarkan orang tuanya. Beberapa hal yang dilakukan oleh orang tua adalah sebagai berikut:

  • Pada tahapan ini anak terlebih dahulu diperkenalkan dengan huruf hijaiyah. Orang tua dapat menempelkan poster huruf hijaiyah di dinding rumah dan belajar bersama. Poster tersebut dapat dilihat dengan mudah, sehingga anak akan terbiasa melihat dan akhirnya mampu mempelajari dengan sendirinya.
  • Selain poster, orang tua dapat menggunakan buku berisikan pelajaran mengaji berupa pengenalan huruf hijaiyah. Mainan edukatif berbentuk potongan-potongan huruf hijaiyah juga dapat dipergunakan. Bahkan di era modern ini, belajar mengaji bisa dilakukan melalui gadget yang dikemas dalam satu aplikasi sehingga anak lebih tertarik dan antusias dalam mengenal huruf hijaiyah.
  • Orang tua merupakan salah satu media belajar yang baik, yakni dengan sering melafalkan huruf hijaiyah di depan anak-anak. Kebiasaan sepele ini ternyata membuat anak lebih tertarik untuk meniru secara langsung.
  • Biasakan anak untuk mendengan lantunan huruf hijaiyah sejak dini. Hal ini dapat dilakukan melalaui nyanyian atau melantunkan secara langsung. Dengan lantunan musik, belajr mengaji anak akan terasa lebih menyenangkan sehingga mereka lebih mudah menghafal huruf-huruf hijaiyah.

belajar mengaji anak balita

Tips Belajar Mengaji Anak Usia 2-3 Tahun

Pada usia ini, peran orang tua masih diperlukan untuk membantu mengembangkan motorik  dalam belajar mengaji anak.

Pada usia 2-3 tahun, belajar mengaji anak dapat dilakukan di TPA/TPQ di mushola. Dalam hal ini, orang tua harus tetap memantau perkembangan belajar mengaji anak.

Dalam kegiatan belajar mengaji anak, ia dapat belajar mengaji menggunakan buku Iqra untuk mengenalkan terhadap huruf hijaiyah.

Baca Juga : 7 Cara Cepat Baca Al Quran Untuk Pemula Yang Efektif

Untuk pembelajarannya seharusnya belajar mengaji anak dilakukan secara konsisten sehingga anak akan cepat lancar dalam belajar mengaji.

Selain mengaji di mushola, orang tua dapat mengajak untuk belajar mengaji  menggunakan media lain seperti VCD.

Namun hal penting  yang juga perlu diperhatikan adalah sabar dalam mengajari anak.

Jangan memaksakan belajar mengaji anak jika ia dalam keadaan lelah, pilih waktu yang tepat seperti setelah sholat Ashar atau Maghrib atau bisa juga saat anak menjelang tidur.

 belajar mengaji untuk anak

Tips Belajar Mengaji Anak Usia 3-4 Tahun

Selain belajar di TPA/TPQ, orang tua harus tetap memantau  perkembangan belajar mengaji anak.

Dalam tahap usia ini, orang tua hendaknya menanamkan minat anak dalam belajar mengaji. Untuk guru TPA/TPQ, ia mulai dapat mengenalkan makhroj dan tajwid secara bertahap.

Tantangan juga boleh diberikan kepada anak seperti membebankan kepada anak untuk belajar Iqra satu lembar dalam sehari.

Jika tantangannya berhasil, guru hendaknya memberikan hadiah untuk memotivasi minat belajar mengaji anak.

 cara belajar mengaji anak anak

Tips Belajar Mengaji Anak Usia 4-5 Tahun

Guru mengaji berperan penting dalam mengembangakn tingkat belajar mengaji anak dalam tahap ini, sedangkan orang tua bisa memantau dan mengulang kembali materi yang telah diajarkan di TPA/TPQ.

Saat usia 4-5 tahun, anak sudah bisa belajar mengaji dengan konsisten sehingga perlu adanya pengaturan waktu untuk bermain, belajar dan mengaji.

Baca Juga : Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Mengaji Iqro

Pada tahapan ini anak sudah bisa menerapkan makhroj dan tajwid dalam belajar mengaji. Orang tua harus tetap memantau perkembangan belajar mengaji anak dan memberikan reward atas keberhasilannya dalam menyelesaikan tantangan.

Ulasan mengenai tips belajar mengaji anak tersebut dapat diterapkan dirumah atau di lingkungan sekitar untuk mengenalkan anak terhadap alquran secara bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *