Tips Jitu Hafalan Surat Pendek Al-Quran Untuk Buah Hati

Posted on

Untuk Anda yang selalu memimpikan buah hatinya bisa menghafal alquran atau bahkan terlebih lagi bisa menjadi seorang tahfidz Quran di masa yang akan datang.

Namun, Anda yang merupakan orang tua juga harus bisa mendorong anak Anda untuk memiliki motivasi menghafalkan Al-Quran. Sering kali, teknik menghafal Al Quran dimulai dengan hafalan surat pendek alquran yang biasa ditemukan pada juz 30.

hafalan surat pendek al quran

Sedangkan jumlah surat pendek dalam Al Quran pun juga terbilang sangat banyak, sehingga Andapun juga harus mengetahui teknik yang benar dalam membimbing buah hati untuk menghafalan surat pendek alquran.

Untuk lebih jelasnya, maka Anda bisa mencoba tips hafalan surat pendek Al Quran berikut ini.

1. Perdengarkan Murattal

Untuk langkah pertama dalam membimbing anak dalam hafalan surat pendek Al Quran adalah dengan mencoba untuk selalu memperdengarkan murattal kepada sang buah hati.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan membelikannya kaset ataupun CD atau bahkan jika memiliki uang lebih Anda bisa membelikannya Al Quran digital yang dilengkapi dengan e-pen.

Perdengarkan surat pendek yang demikian ini sesering mungkin atau ajaklah buah hati ikut sholat jamaah, karena sering kali pada sholat maghrib, isya dan subuh imam selalu membaca surat pendek.

Dengan cara ini, maka anak akan bisa hafalan surat pendek Al Quran dengan cepat.

2. Coba Fokus pada Surat Tertentu Terlebih Dahulu

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam membantu anak supaya hafalan surat pendek Al Quran adalah dengan mencoba untuk fokus pada surat tertentu dahulu.

Dalam hal ini, cobalah untuk mengulang surat yang saat itu menjadi fokus hafalannya. Pastikan anak Anda mampu untuk melafadzakan setiap huruf. Dengan berusaha telaten, maka anak akan terbiasa untuk melafadzkan dengan benar.

3. Pastikan Untuk Tidak Melupakan Hafalan Yang Ada

Jika saat itu Anda sebagai orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat mengecek hafalan surat pendek Al-Quran anak Anda, maka Anda bisa menyerahkan anak Anda pada orang lain yang lebih berpengalaman dengan hafalan yang bagus.

Cara yang demikian ini nantinya akan membantu anak Anda untuk tetap mengingat hafalan yang telah dia lakukan sebelumnya. Dengan cara ini pula, maka kekeliruan dalam melafadzkan bacaan akan lebih bisa diminimalisir.

4. Lakukan Tindakan Menghafal Secara Berurutan

Dalam susunan surat pendek dalam Al Quran, maka setiap surat tersebut memiliki urutan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dengan kata lain, terkait hafalan surat pendek Al Quran, maka akan jauh lebih baik jika Anda menghafal surat pendek tersebut secara berurutan seperti halnya misalnya diawali dari surat Al-Qariaah, At-Takatsur dan seterusnya.

Tindakan ini dilakukan supaya anak tersebut ke depannya mampu untuk mengetahui urutan dalam menghafal surat pendek Al-Quran.

5. Terapkan Metode Menghafal Per-halaman atau Per-ayat

Cara lain yang perlu diperhatikan dalam menghafalkan surat pendek dalam Al Quran adalah dengan mencoba untuk menghafalkannya per-halaman ataupun bisa juga jika Anda tidak sanggup dengan hal itu, maka Anda bisa menghafalkannya per ayar.

download hafalan surat pendek al quran

Panduan hafalan surat pendek Al Quran yang demikian ini pastinya disesuaikan dengan kemampuan anak tersebut, sehingga anak merasa tidak terbebani.

Untuk Anda yang menginginkan buah hatinya bisa hafalan surat pendek Al Quran dengan baik dan benar, maka Anda bisa menerapkan beberapa tips yang tersebut di atas.

Dengan tutorial yang demikian ini, maka anak tidak akan merasa terbebani dan juga anak akan lebih cepat dalam menghafalkan sekaligus melafadzkan setiap bacaan yang ada pada Al Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *