Sebelum Memilih Mukena Untuk Hantaran Pernikahan

Posted on

Mukena hantaran pernikahan seperti hal wajib yang digunakan sebagai mahar atau mas kawin ketika ijab qobul. Beberapa orang bahkan sampai mencari dan juga memesan mukena khusus modern dengan motif eksklusif agar pernikahannya terasa berkesan.

Jenis produk mukena hantaran pernikahan yang bagus biasanya terbuat dari bahan sutra halus, semi sutra dan sutra paris.

mukena hantaran pernikahan

Trend mukena pernikahan untuk saat ini, lebih menonjolkan variasi seni dan berbagai macam bentuk sesuai dengan pesanan. Selain itu, beberapa hal ini biasanya diperhatikan dalam memilih model mukena, berikut diantaranya :

  • Warna Mukena

Untuk mukena mahar pernikahan, pilihan warna yang dominan adalah putih, karena terkesan menujukkan ketulusan, kesakralan, kesucian, dan kesungguhan niat anda dalam mempersunting seorang terkasih.

Untuk kombinasi warna lain pada mukena, seperti warna muda supaya terlihat kalem dan menyejukkan.

Baca Juga : Tips Memilih Mukena Untuk Mahar Pernikahan

Warna ungu ataupun merah juga dapat memperlihatkan keindahan mukena ketika dibentuk. Biasanya ada yang meminta untuk menambahkan manik-manik pada mukena agar terlihat lebih indah.

cara membuat hantaran pernikahan dari mukena bentuk masjid

  • Bahan Kain Mukena

Biasanya pihak penjual menyediakan mukena hantaran perkawinan berbahan kain yang seratnya halus, tidak membuat panas dan tekstur kainnya mudah dibentuk.

Seperti kain katun paris, karena kainnya bersifat sejuk sehingga tidak gerah ketika dipakai. Kain semi sutra juga sering digunakan, karena belakangan ini menjadi trend dan harga yang ditawarkan turut bersaing, pilihan warnanya cerah namun nyaman untuk dipakai.

Kain spandek sutra juga tidak kalah dalam menawarkan kualitas kain yang bagus, selanjutnya untuk memilih bahan kain mukena seperti apa, terserah kepada anda.

mukena hantaran pengantin

  • Bentuk atau Model Mukena

Maksud dari bentuk di sini adalah mukena hantaran nikah akan divariasi dengan berbagai macam bentuk supaya terlihat cantik. Seperti mukena dibuat bentuk angsa, akan mencerminkan keanggunan, ada juga yang hampir serupa yaitu bentuk burung merak dan burung dara yang akan memperlihatkan kesetiaan.

Model bentuk lain seperti bunga mawar atau masjid, untuk kedua bentuk ini memang diperlukan skill agar hasilnya terlihat cantik menyerupai aslinya.

Baca Juga : Keunikan Hantaran Mukena Berbentuk Masjid

Bentuk kura-kura, miniatur menyerupai pasangan pengantin atau bentuk menyerupai boneka teddy bear juga sering menjadi pilihan. Untuk menentukan model bentuk mukena maskawin pernikahan yang sesuai dengan keinginan, anda bisa langsung memesan kepada jasa pembuat parcel mukena pernikahan.

kreasi hantaran pernikahan mukena

  • Motif Mukena

Banyak motif yang ditawarkan untuk mukena seserahan pernikahan, seperti motif hiasan payet, motif ini pada awalnya sering digunakan pada baju gamis, namun sekarang telah dibuat banyak model variasi sehingga tetap terlihat indah apabila diaplikasikan dengan mukena.

Jahitan bordir, untuk motif ini tentu tidak asing, karena telah muncul lebih lama, akan tetapi pilihlah motif bordir yang akan terlihat indah pada bagian tertentu.

cara membuat hantaran pernikahan dari mukena dan sajadah

Motif batik, memang masih jarang ditemukan, tetapi motif ini tetap terlihat bagus dan natural apabila diaplikasikan pada mukena.

Bagaimana, sudahkah anda menentukan model mukena hantaran pernikahan yang sesuai? Berdasarkan informasi di atas, setidaknya sekarang anda sudah bisa mengira-ngira ingin mukena seperti apa untuk hantaran pernikahan anda.

hantaran pernikahan dari mukena

One thought on “Sebelum Memilih Mukena Untuk Hantaran Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *